Fikes UM Pontianak Berupaya Wujudkan POS PENTING untuk Akselerasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bengkayang

Tim peneliti yang terdiri dari dosen-dosen prodi kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM Pontianak) yang memiliki keahlian di bidang kesehatan masyarakat, gizi, dan keluarga berencana, berkerjasama dengan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat berupaya mewujudkan POS PENTING (Pos Pencegahan Stunting) di Desa Tumiang, Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua tim peneliti, Dr. Indah Budiastutik, S.K.M., M.Kes mengatakan bahwa POS PENTING merupakan salah satu upaya untuk mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia. POS PENTING berfungsi sebagai pusat pelayanan kesehatan dan keluarga berencana yang memberikan informasi, edukasi, dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“POS PENTING ini akan menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting,” ujar Dr. Indah Budiastutik.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program penelitian yang telah dilakukan oleh tim peneliti UM Pontianak yang telah berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.

Selain Dr. Indah Budiastutik, tim peneliti ini juga beranggotakan Elly Trisnawati, S.K.M., M.Sc dan Marlenywati, S.Si.,M.K.M. Kegiatan ini mendapat dukungan dari BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Tumiang dan sekitarnya,” ujar Dr. Indah Budiastutik.

Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dari UM Pontianak dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi UM Pontianak sebagai universitas yang unggul dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan.

Tentang POS PENTING

POS PENTING merupakan program yang diinisiasi oleh tim peneliti UM Pontianak yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam deteksi dini stunting. Aktifitas yang dilakukan dalam POS PENTING yaitu:

  1. Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) pada keluarga balita
  2. Praktek pengukuran antropometri
  3. Praktek pengelolaan menu makanan seimbang bagi balita

POS PENTING dikelola oleh kader kesehatan yang telah dilatih oleh tim peneliti UM Pontianak. Kader kesehatan berperan sebagai penggerak dan penggerak masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Dengan penambahan kalimat-kalimat tersebut, artikel berita ini diharapkan dapat lebih menonjolkan kapasitas dosen prodi kesehatan masyarakat serta keahlian mereka dalam melaksanakan kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.