SEJARAH SINGKAT PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

Berdirinya Program Studi Psikologi berdasarkan permohonan Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak dalam surat Nomor: 124/II.3.AU/A/2016 tanggal 23 Maret 2016 perihal usul pembukaan sebagai penambahan Prodi pada PTS dan rekomendasi Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah XI dalam surat Nomor 501/K11.A/KL/2015 tanggal 25 Maret 2015 perihal rekomendasi penambahan program Studi Baru. Pada tanggal 20 September 2017 didasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang izin Pembukaan Program Studi Psikologi.

Perihal lain yang mendasari perlunya pendirian Program Studi Psikologi disebabkan kebutuhan tenaga psikolog dan ilmuwan psikologi yang semakin meningkat di Kalimantan Barat, belum adanya program studi psikologi di Pulau Kalimantan merupakan pertimbangan, selain kebutuhan akan tenaga psikolog meningkat. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor. 540/KPT/I/2017 tentang izin pembukaan program studi psikologi program sarjana pada Universitas Muhammadiyah Pontianak di Kota Pontianak yang diselenggarakan oleh persyarikatan muhammadiyah, maka sejak tahun ajaran 2018 menerima pendaftaran mahasiswa baru pada program studi psikologi. Program studi psikologi ini merupakan program studi yang pertama di Kalimantan Barat.

Program Studi Psikologi UMPontianak bertujuan menghasilkan ilmuwan Psikologi yang mampu mengambil peranan besar dalam kehidupan masyarakat dengan pemahaman tentang aspek-aspek psikologi.  Lulusan Ilmuwan Psikologi dari program studi Psikologi akan mendapat gelar Sarjana Psikologi atau disingkat S.Psi.

Penyelenggaraan program pendidikan dengan jenjang pendidikan S-1 Program Studi Psikologi meliputi tiga bidang peminatan/konsentrasi:

  1. Klinis dan Perkembangan
  2. Industri dan Organisasi
  3. Pendidikan dan sosial

VISI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI:

Tahun 2025 menjadi program studi psikologi yang unggul, inovatif, berorientasi pada keilmuan psikologi dan berwawasan psikososial di daerah pesisir, aliran sungai dan perbatasan berdasarkan nilai-nilai keislaman .

MISI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI:

  • Menyelenggarakan pendidikan psikologi dan menghasilkan lulusan yang inovatif, islami, serta mampu bersaing di dunia kerja.
  • Mengembangkan riset dan pengabdian dalam keilmuan psikologi yang berorientasi pada permasalahan psikososial daerah pesisir, aliran sungai dan perbatasan yang bernilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • Menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah, adaptif terhadap isu-isu psikologi yang menjunjung kode etik dan berwawasan global.
  • menjalin kerja sama dan jejaring untuk meningkatkan kualiatas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berawawasan global.
  • Menyelenggarakan tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu yang profesioanal berdasarkan Al Islam dan Kemuhammaduyahan.

  

PEMINATAN:

Bidang-bidang keahlian dalam Program Studi Psikologi meliputi Psikologi Klinis dan Perkembangan, Psikologi Pendidikan dan Sosial, dan Psikologi Industri dan Organisasi. Ketiga peminatan bidang keahlian psikologi ini memberikan fasilitasi dan keterampilan mahasiswa sesuai kualifikasi sarjana Psikologi.

  1. Psikologi Klinis dan Perkembangan, mahasiswa terampil memanfaatkan penguasaan atas konsep dan teori perkembangan optimal sepanjang masa hidup, pencegahan, penanganan masalah maupun pengembangan intervensi, konsep dan teori abnormalitas, pendekatan penanganan persoalan mental dalam menjalankan aktivitas riset dan profesi bidang Klinis dan Perkembangan. Mengembangkan intervensi dalam membantu fasilitasi rehabilitasi persoalan mental, pencegahan hingga peningkatan kualitas.
  2. Psikologi Industri dan Organisasi, mahasiswa terampil memanfaatkan penguasaan atas konsep dan teori dasar psikologi industri dan sistem organisasi dalam rangka pengembangan individu dan organisasi.
  3. Psikologi Pendidikan dan Sosial, mahasiswa terampil memanfaatkan penguasaannya atas konsep dan teori sosial, kelompok dan komunitas, masyarakat dan lingkungan dalam menjalankan aktivitas riset dan profesi bidang social. Mengembangkan intervensi individu dalam kehidupan social, kelompok, komunitas dan masyarakat, baik pencegahan, penanganan masalah hingga pengembangan

PROSPEK LULUSAN ATAU PELUANG KERJA:

Prospek Lulusan Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana yang bergelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat bekerja di berbagai setting pekerjaan yang terkait dengan Psikologi, seperti:

  1. Tenaga kerja di Bidang Sumber Daya Manusia, Komunitas, dan Pendidikan
  2. Konsultan di Bidang Psikologi
  3. Penulis/Content-creator/lnfluencer
  4. Konselor Psikologi, melakukan konseling psikologis sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia
  5. Peneliti Tingkat Dasar, adalah Peneliti mandiri dan atau anggota tim penelitian.
  6. Asisten Psikolog, adalah pembantu psikolog dalam memberikan pelayanan psikologis terhadap masyarakat yang menggunakan layanan. Asisten psikolog dapat melakukan administrasi, asesmen, intervensi, dan evaluasi sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  7. Pelaku Usaha Mandiri.

PENGAJAR:

Kompetensi dosen terbagi ke dalam beberapa bidang keahlian yang dimiliki, yakni bidang keahlian Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi,  Psikologi Klinis, dan Psikologi Sosial. Kualifikasi akademik minimal untuk dosen adalah berkualifikasi S2 untuk pendidikan S1 sesuai dengan bidang keahlian.

Chat Admin
Assalammualaikum wr. wb.
Terimakasih, Kami ada promo Pendaftaran Biaya Perkuliahan diskon 20% sampai tanggal 30 Juni 2022, Silakan lanjut ke chat untuk informasi lebih lanjut