Jadi yang Pertama di Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dua Mahasiswa Malaysia Timba Ilmu di Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak.

Muhammad Zulfahim (Kiri) Muhammad Fahmi Shah (Kanan)

Dua mahasiswa dari Fakulti Sain Kesihatan Universiti Teknologi Mara Puncak Alam Malaysia, Muhammad Fahmi Shah dan Muhammad Zulfahim, berkesempatan untuk menimba ilmu di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM Pontianak). Keduanya merupakan mahasiswa jurusan Bachelor of Environmental Health and Safety atau Sarjana Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan.

Fahmi dan Zulfahim mengaku sangat antusias mengikuti program kegiatan yang disediakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak. Salah satunya adalah program studi lapangan ke instansi kesehatan seperti rumah sakit, laboratorium kesehatan, dan perusahaan yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya.

“Kami sangat senang bisa belajar langsung di lapangan. Kami bisa melihat dan mempelajari bagaimana penerapan ilmu kesehatan dan keselamatan lingkungan di dunia kerja,” kata Fahmi.

Selain itu, Fahmi dan Zulfahim juga sangat menikmati kegiatan di luar akademik. Mereka sering berwisata ke tempat-tempat ikonik di Kota Pontianak bersama teman-teman mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak.

“Kami sangat senang bisa mengenal budaya Indonesia. Kami juga bisa belajar bahasa Indonesia dari teman-teman kami,” kata Zulfahim.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak, Ismael Saleh, S.K.M., M.Sc., mengatakan bahwa program pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa kami untuk belajar dengan mahasiswa dari luar negeri,” kata Ismael Saleh.

Fahmi dan Zulfahim berharap bahwa program pertukaran mahasiswa ini dapat terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang. Mereka berharap bahwa program ini dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa Indonesia dan Malaysia untuk saling mengenal dan belajar satu sama lain.

“Kami sangat berterima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Pontianak dan Universiti Teknologi Mara Malaysia yang telah memberikan kesempatan ini kepada kami,” kata Fahmi.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM Pontianak) memiliki Program Studi Kesehatan Masyarakat (SKM) yang terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Program Studi SKM ini memiliki 6 konsentrasi peminatan, yaitu:

  • Kesehatan Lingkungan

Konsentrasi ini mempelajari tentang berbagai aspek kesehatan lingkungan, mulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan lingkungan, hingga upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja sebagai tenaga ahli kesehatan lingkungan di berbagai instansi, seperti dinas kesehatan, perusahaan, dan lembaga swadaya masyarakat.

  • Kesehatan Reproduksi

Konsentrasi ini mempelajari tentang berbagai aspek kesehatan reproduksi, mulai dari kesehatan seksual, hingga kesehatan ibu dan anak. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja sebagai tenaga ahli kesehatan reproduksi di berbagai instansi, seperti dinas kesehatan, rumah sakit, dan lembaga swadaya masyarakat.

  • Pendidikan Kesehatan & Ilmu Perilaku

Konsentrasi ini mempelajari tentang berbagai aspek pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku, mulai dari teori-teori pendidikan kesehatan, hingga metode-metode intervensi perilaku. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja sebagai tenaga pendidik kesehatan, peneliti kesehatan, dan konsultan kesehatan perilaku.

  • Epidemiologi Kesehatan

Konsentrasi ini mempelajari tentang berbagai aspek epidemiologi kesehatan, mulai dari definisi, klasifikasi, hingga metode penelitian epidemiologi. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja sebagai tenaga ahli epidemiologi di berbagai instansi, seperti dinas kesehatan, rumah sakit, dan lembaga swadaya masyarakat.

  • Gizi Kesehatan Masyarakat

Konsentrasi ini mempelajari tentang berbagai aspek gizi kesehatan masyarakat, mulai dari kebutuhan gizi, hingga faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja sebagai tenaga ahli gizi di berbagai instansi, seperti dinas kesehatan, rumah sakit, dan lembaga swadaya masyarakat.

  • Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)

Konsentrasi ini mempelajari tentang berbagai aspek kesehatan dan keselamatan kerja, mulai dari faktor-faktor risiko kerja, hingga upaya-upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja sebagai tenaga ahli K3 di berbagai instansi, seperti perusahaan, dinas tenaga kerja, dan lembaga swadaya masyarakat.

Program Studi SKM Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam bidang kesehatan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islami. Program studi ini memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, dan berintegritas dalam bidang kesehatan masyarakat.

Untuk mencapai visi dan misi tersebut, Program Studi SKM Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak memiliki berbagai program kegiatan, antara lain:

  • Kegiatan akademik, seperti perkuliahan, praktikum, dan penelitian.
  • Kegiatan non-akademik, seperti magang, pengabdian masyarakat, dan kegiatan mahasiswa lainnya.

Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang kesehatan masyarakat. Program studi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di bidang kesehatan masyarakat dengan berbagai fasilitas dan program yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.