No | Sasaran Program | Indikator Kinerja Program | Program | Capaian pada Tahun |
Base-line | 2025 |
1 | Proporsi Lektor Kepala | Peningkatan jumlah dosen berkualifikasi S3 | Memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti pendidikan s3 | 1 | 5 |
2 | Proporsi Doktor | Peningkatan persentase dosen yang mendapatkan beasiswa S3 | Membentuk tim pembimbingan di tingkat fakultas dan program studi untuk membantu dosen-dosen berkualifikasi S2 untuk mendapatkan beasiswa S3 | 2 | 7 |
3 | Proporsi Lektor (%) | Jumlah dosen yang memiliki fungsional lektor meningkat | Pendampingan bagi dosen yang masih fungsional asisten ahli menuju lektor | 36 | 100 |
4 | Rasio Dosen Mahasiswa | Peningkatan rasio dosen:mahasiswa per prodi | Penambahan dosen tetap maupun dosen luar biasa | 1:40 | 1:30 |
5 | Proporsi masa studi mahasiswa S1 tepat waktu (%) | Peningkatan proporsi masa studi mahasiswa S1 tepat waktu (%) | Melakukan evaluasi kualitas PBM (jumlah pertemuan, kontrak kuliah, bahan ajar, kualitas soal, tuntunan praktikum) | 35 | 80 |
Peningkatan jumlah (proporsi) mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen | Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen (penelitian payung) | 25 | 55 |
6 | Jumlah pertukaran mahasiswa inbound | Peningkatan jumlah kerjasama internasional | Melakukan kerjasama internasional | 3 | 6 |
7 | Jumlah pertukaran mahasiswa outbound | Peningkatan jumlah kerjasama internasional | Melakukan kerjasama internasional | 3 | 6 |
8 | Prodi terakreditasi A | Peningkatan akreditasi semua program studi menjadi A | Meningkatkan kualitas sarana prasarana, SDM, dan proses pembelajaran | – | 2 |
9 | Akreditasi Internasional | Ada program studi yang terakreditas internasional | Melakukan kerjasama dalam berbagai bidang dalam rangka menuju akreditasi internasional | – | 2 |
10 | Jumlah lulusan dengan Kemampuan Bahasa Asing (skor TOEFL 380) dalam % | Peningkatan jumlah lulusan dengan kemampuan Bahasa Asing | Pelatihan bahasa inggris untuk skor <380% dan mensyaratkan Sertifikat TOEFL syarat skripsi | 55 | 85 |
11 | Tingkat lulus uji kompetensi dalam % | Meningkatnya persentase kelulusan uji kompetensi | Melakukan try out uji kompetensi | 55 | 85 |
Terlaksananya penerapan soal berbasis uji kompetensi dalam PBM | Menerapkan soal berbasis uji kompetensi dalam PBM | Terlaksana | Terlaksana |
Terlaksananya pelatihan pembuatan uji kompetensi | Melakukan pelatihan pembuatan uji kompetensi bagi dosen | Terlaksana | Terlaksana |
12 | Jumlah Publikasi Nasional | Jumlah publikasi nasional terakreditasi meningkat | Memfasilitasi penulisan artikel ilmiah nasional terakreditasi melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan academic writing. | 35 | 65 |
Jumlah dosen yang mendapatkan insentif | Memberikan insentif bagi dosen yang telah mempublikasikan artikel ilmiah nasional terakreditasi | 5 | 20 |
13 | Jumlah Publikasi Internasional | Jumlah publikasi internasional terindeks meningkat | Memfasilitasi penulisan artikel ilmiah internasional terindex melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan academic writing. | 5 | 12 |
Jumlah dosen yang mendapatkan insentif | Memberikan insentif bagi dosen yang telah mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional terindex | 5 | 12 |
14 | Jumlah HKI dihasilkan | Penoingkatan HaKI hasil penelitian dan pengabdian | Menfasilitasi pengurusan HaKI dan memberikan insentif bagi dosen yang menerbitkan HaKI | 9 | 25 |
15 | Dosen sebagai Tim Peneliti Nasional/ Internasional | Jumlah dosen sebagai tim peneliti nasional/internasional | Kerjasama nasional dan internasional dalam bidang penelitian | 4 nas | 2 Inter |
16 | Dosen sebagai reviewer nasional/ internasional | Jumlah dosen sebagai reviewer nasional/internasional | Peningkatan jumlah sitasi publikasi nasional/ internasional untuk meningkatkan H-index peneliti | 3 nas | 5 nas |
1 Inter |
17 | Alokasi dana (juta) penelitian/dosen | Peningkatan alokasi dana (juta) penelitian/dosen | Mengadakan pelatihan pembuatan proposal hibah penelitian yang berkualitas | 4 | 7 |
18 | Jumlah pertemuan dan forum ilmiah/tahun | Peningkatan jumlah pertemuan ilmiah dan forum yang diikuti oleh dosen per tahun | Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak (stakeholder/organisasi profesi/lembaga lainnya) dalam kegiatan ilmiah dan forum ilmiah | 1,2 | 2 |
19 | Alokasi dana (juta) pengmasy/dosen | Peningkatan alokasi dana (juta) pengabdian masyarakat per tahun per dosen | Mengadakan pelatihan pembuatan proposal hibah pengabdian yang berkualitas | 2 | 4 |
20 | Proporsi pengmas berbasis riset | Peningkatan jumlah pengabdian masyarakat berbasis riset | Melakukan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan proposal yang beraplikasi pada program pengabdian masyarakat | 3 | 7 |
21 | Jumlah pengmas kolaborasi nasional/ internasional | Peningkatan jumlah pengabdian masyarakat kolaborasi nasional/internasional | Melakukan jejaring kerjasama tingkat nasional dan internasional | 1 nas | 1 inter |
22 | Publikasi mahasiswa | Peningkatan jumlah publikasi mahasiswa | Melakukan kegiatan pendampingan publikasi hasil penelitian atau kegiatan lapangan menjadi karya ilmiah melalui dosen pembimbing yang berkompeten serta menjadikan hasil publikasi sebagai pengganti mata kuliah skripsi (sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku) | 11 | 30 |
23 | Jumlah Proposal PKM | Peningkatan jumlah proposal PKM yang disubmit oleh mahasiswa | Melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal PKM yang berkualitas serta menetapkan pembimbing sesuai dengan keilmuan. | 55 | 95 |
24 | Jumlah Seminar | Peningkatan jumlah seminar yang dilaksanakan | Melakukan kerjasama dengan stakeholder/organisasi profesi/lembaga lainnya dalam penyelenggaran seminar ilmiah. | 1 (N) | 1 (I) |
25 | Jumlah Kuliah Umum | Peningkatan jumlah pelaksanaan kuliah umum secara konsisten atau periodik | Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan kuliah umum. | 2 | 4 |
26 | Jumlah MoU kerjasama | Peningkatan jumlah MoU (kerjasama) | Memperluas jejaring kerjasama (MoU) dalam bidang Tri Dharma PT. | 26 | 38 |
27 | Tingkat Kepuasan Mahasiswa | Peningkatan skor tingkat kepuasan mahasiswa | MStandar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Akademik; Menggiatkan pembinaan UKM; pelatihan kepemimpinan dan public speaking | 3,1 | 3,6 |
28 | Tingkat Kepuasan Alumni | Peningkatan skor kepuasan alumni | Melakukan pertemuan alumni secara periodik dan menyelenggarakan kegiatan bersama alumni serta tracer study. | 3,1 | 3,6 |
29 | Tingkat Kesiapan Sarpras (%) | Peningkatan persentase kesiapan sarana dan prasarana | Penyediaan peralatan dan perlengkapan laboratorium sesuai dengan standar serta penataan sistem pemeliharaan fasilitas, sarana, dan prasarana. | 75 | 100 |
30 | % jumlah mata kuliah dengan metode e-learning (%) | Peningkatan persentase jumlah mata kuliah dengan metode e-learning | Melakukan pelatihan e-learning bagi dosen, dan peningkatan sarana prasarana penunjang pembelajaran e-learning, serta meningkatkan jumlah e-book dan e-journal. | 3 | 15 |