Pengabdian Internasional, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak menjadi ketua tim pengabdian di Jepang.

Dosen Fikes UM Pontianak Jadi Ketua Tim Pengabdian di Jepang

Mengutip dari mykalbar.com – Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak, Ufi Ruhama’, M.Pd B.I, menjadi ketua tim pengabdian internasional di Jepang. Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan pada Ahad, 22 Oktober 2023, di Japan Dakwah Centre (JDC), Osaka, Jepang.

Kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh warga muslim di Kansai, Jepang. Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Kansai, yang diketuai oleh Mochammad Arif Wijayanto, menjadi mitra pengabdian.

Ufi Ruhama’ dalam hal ini memberikan materi terkait “Tauhid dan Pencarian Hidayah” beserta anggota pengabdi Ryani Yulian yang memaparkan tema “Memperkuat Ikatan Kekeluargaan Muslim dan Kesehatan Mental”.

Program pengabdian ini diawali dengan sambutan dari Ketua JDC, Zulkarnain, yang sangat menyambut baik program dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Ketua PRIM Kansai, Mochammad Arif Wijayanto, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada UM Pontianak. Ia berharap muhibbah ke Jepang ini dapat menjadi tali silaturahim dan peningkatan kualitas Internasionalisasi Muhammadiyah dan PRIM Kansai.

Arif juga berterima kasih kepada Keluarga Masyarakat Islam Indonesia Kansai, Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia di Jepang Kansai, dan Bumi Japan yang telah men-support acara ini, serta kepada JDC sebagai fasilitator acara.

Lebih lanjut Arif berharap acara ini dapat berkelanjutan sehingga menjadi wahana pengabdian Internasional bagi dosen UM Pontianak maupun PTMA lainnya.

Penandatanganan MoU

Program internasional yang juga dibarengi dengan penandatangan MoU menjadi legalitas kerja sama kedepan. Proses penandatanganan dilakukan oleh ketua PRIM Kansai, sedangkan UM Pontianak diwakili oleh Ufi Ruhama’ yang juga sebagai Kepala KUI. Penandatangan sudah lebih dahulu dilakukan oleh rektor, Dr. Doddy Irawan, S.T, M.Eng yang saat ini sedang berada di Spanyol.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama, pemberian cenderamata serta luaran pengabdian berupa buku saku International Community Services.

foto bersama

Kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk kontribusi dari UM Pontianak untuk diaspora dan muslim lainnya yang ada di Kansai, Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.