Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak Menandatangani MOU dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat untuk Kerjasama dalam Pendidikan dan Penelitian.

Pontianak, 10 Agustus 2023

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak (FIKES UM Pontianak) dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat (Dinkes Provinsi Kalbar) telah resmi menjalin kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU). Penandatanganan MOU ini berlangsung dengan khidmat di Ruang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, menandai komitmen kedua belah pihak untuk saling mendukung dan memajukan bidang kesehatan melalui kolaborasi yang erat.

Dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak, Ismael Saleh, S.K.M., M.Sc, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr. Erna Yulianti, turut hadir untuk meresmikan kerjasama ini. Penandatanganan MOU ini mengukuhkan tekad FIKES UM Pontianak dan Dinkes Provinsi Kalbar dalam bekerja bersama untuk mengembangkan pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan.

Salah satu aspek penting dalam kerjasama ini adalah pelaksanaan magang mahasiswa FIKES UM Pontianak di lingkungan Dinkes Provinsi Kalbar. Magang ini diharapkan memberikan pengalaman nyata kepada para mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di lingkungan kesehatan masyarakat. Selain itu, kerjasama ini juga mencakup izin penelitian dan pengambilan data di Dinkes Provinsi Kalbar, yang akan memberikan peluang bagi dosen dan mahasiswa FIKES UM Pontianak untuk melakukan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan ilmu kesehatan.

Dalam diskusi antara kedua belah pihak, Ismael Saleh, S.K.M., M.Sc, menyampaikan, “Kerjasama ini merupakan langkah positif dalam upaya kami untuk menghasilkan lulusan yang siap dan berkualitas dalam bidang kesehatan masyarakat. Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Dinkes Provinsi Kalbar dalam mewujudkan visi dan misi FIKES UM Pontianak.”

Sementara itu, dr. Erna Yulianti kepala Dinas kesehatan Provinsi Kalbar juga menegaskan komitmen pihaknya, “Kami percaya bahwa kerjasama ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua belah pihak. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan magang mahasiswa dan penelitian yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat di Kalimantan Barat.”

Penandatanganan MOU ini menandai awal dari sebuah kemitraan yang diharapkan akan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sektor kesehatan, pendidikan, dan penelitian di wilayah Kalimantan Barat. Kolaborasi antara Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat diharapkan dapat membawa inovasi dan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.