PROFIL

Visi dan Misi Fakultas Ilmu Kesehatan Pontianak

Adapun Visi Fakultas Ilmu Kesehatan UMP adalah:

”Menjadi Fakultas yang terkemuka di tingkat Nasional dalam pengembangan IPTEK, Seni, dan Sumber Daya Kesehatan Masyarakat berdasarkan nilai nilai Ke Islaman pada Tahun 2020”

Untuk mencapai visi di atas, maka Misi institusi Fakultas Ilmu Kesehatan UMP adalah:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran penelitian serta pengabdian masyarakat secara profesional sesuai nilai nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.

Memajukan dan pengembangan IPTEK dan seni sesuai dengan tuntunan perubahan atau perkembangan masyarakat.

Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Dosen dan Karyawan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa kemandirian dalam ilmu pengetahuan , keahlian, teknologi dan seni.

Membangun pusat pusat keunggulan (Centre of Excellence) sesuai kompetensi yang dimiliki dan unggulan strategis daerah.

Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan stakeholder ditingkat daerah dan pusat masyarakat, industri dan dunia usaha baik lokal, regional, nasional maupun Internasional.

Menjadi Pusat Dakwah Kesehatan Masyarakat di tingkat nasional.

Sehingga untuk mewujudkan visi dan misi FIKes UMP dapatlah ditetapkan tujuan dari Fakultas Ilmu Kesehatan UMP sebagai berikut:

1.  Menghasilkan Sarjana yang mampu menjadi seorang pemimpin, pembaharu dan promotor dalam bidang kesehatan yang memegang nilai-nilai moral, etika, dan ulet dalam menghadapi perkembangan dan tantangan global.

2.  Menghasilkan penelitian yang inovatif, teknologi tepat guna yang memberikan manfaat kepada    masyarakat.

3.  Adanya sumber daya manusia yang berkualitas dengan kualifikasi memadai yang dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

4.  Memberikan pelayanan keilmuan dan ilmu pengetahuan praktis kepada masyarakat melalui pengabdian masyarakat/ model, yang dapat meningkatkan derajat kesehatan dan taraf hidup mereka.

5.  Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak di dalam maupun di luar Universitas Muhammadiyah Pontianak, dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

B. 2.     Visi dan Misi Program Studi Kesehatan Masyarakat

       Adapun visi dari program studi kesehatan masyarakat adalah :

Membentuk sarjana kesehatan masyarakat yang profesional dan mandiri yang unggul di tingkat nasional dalam bidang kesehatan masyarakat yang dilandasi nilai moral islami pada tahun 2020

      Untuk mewujudkan visi program studi ini, maka dirumuskaan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan strategi dan sistem pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan serta berbasis kompetensi.

  • Melakukan penelitian untuk dapat memenuhi kebutuhan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna dalam bidang kesehatan masyarakat sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

  • Melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pembinaan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal berlandaskan pada etika dan moral Islami untuk kemaslahatan umat.

  • Mengembangkan kurikulum dengan pendekatan berbasis kompetensi yang meliputi pengetahuan, sikap, etika dan aspek legal serta keterampilan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan riil masyarakat.

  • Membentuk jiwa kepemimpinan yang berlandaskan ilmu amaliah, amal ilmiah dalam bidang kesehatan masyarakat.

  • Menjadi pusat dakwah dalam bidang kesehatan masyarakat di tingkat propinsi Kalimantan Barat.

      Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan pendidikan Progam Studi Kesehatan masyarakat UMP adalah:

Menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang mampu menjadi seorang pemimpin, pembaharu dan promotor dalam bidang kesehatan yang memegang nilai-nilai moral, etika, dan ulet dalam menghadapi perkembangan dan tantangan global.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK