LATAR BELAKANG

Program Studi Kesehatan Masyarakat K.Sintang Universitas Muhammadiyah Pontianak merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Sintang yang dikelola langsung oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sintang. Program Studi Kesehatan Masyarakat K.Sintang Universitas Muhammadiyah Pontianak berdiri berdasarkan surat izin dari Kementrian Riset dan Tekhnologi Dirjen Perguruan Tinggi dengan nomor 998/E/T/2012 tanggal 26 Juli 2012. Surat izin ini kemudian diperbaharui lagi pada tahun 2016 dengan nomor 164/KTT/I/2016 dimana program studi yang dibuka sebanyak empat program studi yang meliputi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Program Studi Manajemen, Program Studi Tekhnik Mesin, dan Program Studi Perikanan.

Program Studi Kesehatan Masyarakat K.Sintang Universitas Muhammadiyah Pontianak merupakan satu-satunya dari Lembaga Pendidikan Tinggi Muhammadiyah yang mendapat mandat dari Kementrian Riset dan Tekhnologi Dirjen Perguruan Tinggi untuk membuka Program Studi Di Luar Domisili.

Program Studi Kesehatan Masyarakat K.Sintang Universitas Muhammadiyah Pontianak didirikan untuk membantu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sintang yang terbilang masih cukup rendah. Walaupun Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Sintang terus mengalami peningkatan, akan tetapi Kabupaten Sintang masih termasuk ke dalam kategori daerah 3T yaitu tertinggal, terluar, dan terdepan. Bahkan Kabupaten Sintang ditetapkan oleh presiden Jokowi Widodo didalam Perpresnya kedalam “Daerah yang Tertinggal” untuk periode 2015-2019.

Keberadaan Program Studi Kesehatan Masyarakat K.Sintang Universitas Muhammadiyah Pontianak ini juga sejalan dengan visi dari Kabupaten Sintang pada poin yang kedua, yaitu Membentuk Masyarakat Kabupaten Sintang yang Berkualitas melalui perbaikan pada derajat kesehatan serta tingkat pendidikan. Visi ini kemudian dijabarkan lagi melalui misi pada poin ke lima yaitu meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup, serta pembinaan generasi muda, seni budaya, dan kegiatan keagamaan.


VISI PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT KELAS SINTANG

Menghasilkan lulusan sarjana kesehatan masyarakat yang unggul dan islami dalam pengembangan IPTEK bidang Kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan Kalimantan Barat pada tahun 2020.

Penjelasan visi Program Studi Kesehatan Masyarakat  Kelas Sintang

  1. Unggul
    Unggul adalah mampu bersaing dan menjadi pilihan utama dari program studi kesehatan yang ada wilayah perbatasan khususnya Kabupaten Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu.

  2. Islami
    Program studi yang islami bertujuan mengusahakan terbentuknya sarjana yang tidak saja memiliki prestasi akademik yang baik tetapi juga menjadi sarjana yang berahlak mulia, melalui pemberian bekal dasar pengetahuan tentang aspek-aspek ajaran islam dan kemuhammadiyahan. Dengan menjadikan AL-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai kurikulum dalam Program Studi Kesehatan Masyarakat, sehingga lulusan yang mampu menerapkan nilai-nilai dengan tuhannya, diri sendiri, antar sesama dan lingkungannya.

  3. Pengembangan IPTEK Bidang Kesehatan Masyarakat
    Program Studi Kesehatan Masyarakat K.Sintang mampu memanfaatkan dan mengembangkan IPTEK yang mutakhir di bidang kesehatan melalui pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat.

  4. Berbasis Wilayah Perbatasan
    Program studi kesehatan masyarakat Kampus Sintang terletak di Kabupaten Sintang. Kabupaten Sintang merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan termasuk kedalam kategori daerah 3T yaitu tertinggal, terluar, dan terdepan. Permasalahan kesehatan masyarakat yang ada didaerah ini juga berkaitan erat dengan kondisi geografis wilayah perbatasan sehingga menjadikan mata kuliah Epidemiologi, Promosi Kesehatan dan Kesehatan Reproduksi & KIA, Pengalaman Belajar Lapangan sebagai kurikulum pengajaran pada program studi Kesehatan masyarakat.

  5. Tahun 2020
    Tahun 2020 merupakan target untuk mencapai visi dari program studi kesehatan masyarakat K.Sintang

MISI PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT KELAS SINTANG

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajarankesehatan masyarakatdalam bidang kesehatan masyarakat yang berbasis IPTEKS yang dilandasi nilai-nilai islami

  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat yang optimal khususnya di wilayah perbatasan kalimantan barat

  3. Mengembangkan kurikulum dengan pendekatan berbasis kompetensi yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

  4. Mengembangkan sistem kesehatan dengan prinsip kemitraan dan pemberdayaan masyarakat. 


TUJUAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT KELAS SINTANG

  1. Menghasilkan sarjana kesehatan masyarakat yang unggul dalam menguasai dan menerapkan IPTEKS serta professional, berintegrasi dan berkepribadian islami

  2. Mengembangkan dan atau menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatan kualitas derajat kesehatan masyarakat dan atau upaya memberdayakan potensi masyarakat sesuai dengan masalah kesehatan masyrakat.

  3. Meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai calon tenaga kesehatan masyarakat yang cerdas, mandiri dan berakhlaq mulia.

  4. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak didalam maupun di luar UM Pontianak dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi


SASARAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT KELAS SINTANG  

  1. Peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan yang mampu mengusai dan menerapkan IPTEKS dalam bidang kesehatan masyarakat.

  2. Tercapainya peningkatan kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran

  3. Peningkatan kerja sama dengan lembaga/badan pemerintah atau swata

  4. Peningkatan kurikulum yang selaras dengan KKNI dan SNPT

  5. Tercapainya peningkatan jumlah penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat

  6. Peningkatan kompetensi lulusan yang siap kerja dan mampu bersaing

  7. Peningkatan kualitas diri mahasiswa dalam semua aspek

  8. Pemberdayaan lembaga mahasiswa

  9. Terwujudnya penjaminan mutu prodi untuk menjaga keberlanjutan mutu prodi


© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK