MATA KULIAH SEMESTER 7 PEMINATAN GIZI

Dalam KURIKULUM
17 February 2020   ABDUHRIDHA   71 Kali

Sebaran Mata Kuliah Semester 7 (Peminatan Gizi Kesmas)

1. Kode: 15KM723510. Advokasi Pelayanan Gizi; 2 SKS
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa memahami advokasi kesehatan dan penerapannya dalam bidang gizi. Topik yang dibahas langkah & proses, sasaran dan tujuan advokasi, pendekatan dan strategi advokasi di bidang gizi. Selain itu, juga dibahas advokasi media, jejaring advokasi, indikator advokasi dan berbagai kasus advokasi terkait bidang gizi.

2. Kode: 15KM723511. Perencanaan dan Evaluasi Program Gizi; 2 SKS
Mata kuliah ini membahas ruang lingkup perencanaan dan evaluasi program gizi, aplikasi gizi dalam kesehatan masyarakat, identifikasi masalah, penentuan prioritas masalah, penentuan tujuan, jenis intervensi gizi, seleksi model intervensi, penyusunan rencana operasional, mamajemen program intervensi gizi dan evaluasi program. 


3. Kode: 15KM723512. Manajemen Data Gizi; 2 SKS
Dalam bidang gizi data merupakan hal yang penting, data gizi yang benar sangat membantu berbagai pihak dalam memutuskan upaya peningkatan status gizi masyarakat. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan dibekali dengan teori yang berkaitan dengan koding, editing data, memasukkan data serta pembersihan data. Setelah itu, mahasiswa akan melakukan praktikum dengan menggunakan berbagai program gizi seperti: Epinut, WHO-Anthro, Nutrisoft dan Nutri Survei. Dalam praktikum analisis data diharapkan nantinya mahasiswa mampu mengintepretasikan hasil. 


4. Kode: 15KM723513. Penilaian Status Gizi; 2 SKS
Pada saat mahasiswa berhasil mneyelesaikan mata kuliah ini, mereka akan mampu menguraikan berbagai metoda penilaian status gizi (menilai ukuran tubuh dan komposisinya, asupan makanan, aktifitas fisik dan pengeluaran energi) pada individu dan populasi, termasuk kekuatan dan keterbatasannya; untuk memilih dan menerapkan metoda penilaian status gizi yang sesuai kelompok umur. 


5. Kode: 15KM723514. Praktikum Penentuan Status Gizi; 1 SKS
Terkait keterampilan, mahasiswa akan mampu menerapkan teknik antropometrik (tinggi, berat, tebal lemak bawah kulit, lingkar) analisis bioimpedans, pemantauan denyut jantung untuk penilaian aktifitas fisik, dan kajian asupan makanan dan analisis zat gizi sesuai kelompok umur pada individu dan populasi; dan untuk menganalisis dan menafsirkan data status gizi pada individu dan populasi. 


6. Kode: 15KM723515. KIE dan Konseling Gizi; 2 SKS
Dalam mata kuliah ini akan dibahas mengenai berbagai metode pendidikan, efektivitas setiap metode serta penerapan ilmu pendidikan dalam bidang gizi. Dalam mata kuliah ini juga akan dibahas mengenai komunikasi antar individu, pengembangan kepribadian dengan cara pengenalan diri. Selain itu juga dibahas mengenai dinamika dan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi antar individu. 


7. Kode: 15KM723516. Praktikum KIE dan Konseling Gizi; 1 SKS
Dalam mata kuliah ini akan mengaplikasikan mengenai berbagai metode pendidikan, efektivitas setiap metode serta penerapan ilmu pendidikan dalam bidang gizi. Juga akan mempraktekan komunikasi antar individu, pengembangan kepribadian dengan cara pengenalan diri. 


8. Kode: 15KM723517. Manajemen Gizi Institusi; 2 SKS
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan aplikasi manajemen dalam pelayanan makanan dan operasinya serta penerapan prinsip-prinsip ilmu gizi; manajemen mutu dan keamanan pangan dalam pengembangan dan pengelolaan usaha pelayanan makanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan yang aman, sehat, bergizi sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi konsumen atau tujuan institusinya. 


9. Kode: 15KM723518. Isu Terkini Gizi Kesmas; 2 SKS
Dalam mata kuliah ini akan dibahas mengenai isu-isu mutakhir terkait dengan bidang gizi, dietetik dan kesehatan.


Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 737278 Fax : (0561) 764571
  Email
fikes@unmuhpnk.ac.id

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK