MATA KULIAH SEMESTER 7 PEMINATAN EPIDEMIOLOGI

Dalam KURIKULUM
17 February 2020   ABDUHRIDHA   73 Kali

Sebaran Mata Kuliah Semester 7 (Peminatan Epidemiologi Kesehatan)

1. Kode: 15KM723411. Metode Survei Cepat; 2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang survey kesehatan di negara berkembang. Manfaat dan tujuan dari survey cepat. Dipelajarinya prinsip-prinsip pelaksanaan survey cepat, analisis data survey cepat. Menggunakan perangkat lunak Csurvey, Epi Info untuk keperluan rancangan penelitian survey cepat. 


2. Kode: 15KM723412. Praktikum Survei Cepat; 1 SKS
Mata kuliah ini mengaplikasikan survey kesehatan, prinsip-prinsip pelaksanaan survey cepat, analisis data survey cepat. Menggunakan perangkat lunak Csurvey, Epi Info untuk keperluan rancangan penelitian survey cepat. 


3. Kode: 15KM723413. Manajemen Data Epidemiologi; 2 SKS
Mata kuliah ini memberikan skill kepada mahasiswa dalam mengorganisasikan data, mendesain sistem penyimpanan, melihat kembali, melakukan pembersihan data, membuat variabel baru, melakukan analisis untuk menjawab pertanyaan penelitian dan penyajikan data. Selain analisis deskriptif tersebut, mahasiswa akan diberikan kemampuan untuk memilih test statistik yang sesuai dengan jenis data untuk melakukan inferensi. Dasar-dasar analisis data secara geografis juga akan menjadi muatan dalam mata kuliah ini. Mahasisiswa akan lebih banyak menggunakan waktu di lab computer dan belajar mandiri terhadap kasus- kasus yang di berikan oleh dosen. Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman untuk lebih familiar dengan beberapa software seperti SPSS dan ArcGIS, Microsoft Excell dan word. 


4. Kode: 15KM723414. Riset/Survei Epidemiologi 2; 2 SKS
Mata kuliah ini membahas pendekatan penggunaan beberapa jenis survei dalam epidemiologi. Pembahasan mencakup mulai dari pengertian dan kosep dasar suatu survei, kemudian dijelaskan merancang sebuah sampel, membuat kuesioner yang baik dan benar, teknik mewawancara yang efektif, mengukur kuesioner agar data yang dihasilkan valid dan realilabel, membuat analisis dan laporan survei, serta penjelasan berbagai jenis survei dan setelah mendapat teori survei dilakukan turun lapangan yang hasilnya dipersentasikan. 


5. Kode: 15KM723415. Pengendalian Vektor; 2 SKS
Membahas tentang jenis-jenis vektor, bionomik, survei vektor, hubungan vektor-agen dan strategi pengendalian vektor (pengelolaan lingkungan, pengendalian biologis, pengendalian kimia dan resistensi).


6. Kode: 15KM723416. Praktikum Pengendalian Vektor; 1 SKS
Praktek mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis vektor, bionomik, survei vektor, hubungan vektor-agen dan strategi pengendalian vektor.


7. Kode: 15KM723417. Epidemiologi Penyakit Tropis; 2 SKS
Mata kuliah ini membahas konsep dan dasar-dasar penyakit tropik yang meliputi (konsep, teori, peranan, elemen-elemen, dan jenis penyakittropik). Peran tenaga kesehatan termasuk peran kesehatan masyarakat dalam tindakan promotif, preventif, dan rehabilitatif pada penyakit tropik.Mata kuliah ini juga membahas tentang patogenesis, diagnosis, perawatan, pengobatan, dan epidemiologi pada penyakit infeksi/panas (malaria,DBD), penyakit perpafasan (TBC), penyakit Infeksi Menular Seksual, penyakit infeksi pencernaan, kelainan kulit, dan HIV/AIDS.


8. Kode: 15KM723418. Epidemiologi Zoonosis; 2 SKS
Mata kuliah ini membahas mengenai definisi, epidemiologi, dan mekanisme penularan penyakit zootik serta karakteristik, patogenesis, epidemiologi, dan cara pencegahan dan penanggulangan agen penyakit yang dapat mempengaruhi derajat kesehatan manusia.


9. Kode: 15KM723419. Epidemiologi Disaster dan Matra; 2 SKS
Pada mata kuliah ini dibahas mulai dari batasan dan ruang lingkup Epidemiologi kesehatan darurat, pendekatan epidemiologi kesehatan darurat, Epidemiologi Bencana Alam (natural disaster dan man made) deskripsi risiko bencana dan pemetaan rawan bencana, surveilans pasca bencana serta standar minimum pelayanan kesehatan daerah bencana.


Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 737278 Fax : (0561) 764571
  Email
fikes@unmuhpnk.ac.id

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK